Sabtu, 24 September 2016

Banjarmasin Menuju Smart City

Masih relevankah dikatakan Banjarmasin menuju smart city walaupun wacana ini sudah lama dikumandangkan? Tentu saja masih, mengingat wacana ini masih belum diterapkan namun saya sebagai masyarakat Banjarmasin tentu saja menanti - nanti bahwa kota Seribu Sungai ini akan menjadi smart city.

Pada acara ngobras alias ngobrol santai bareng Walikota Banjarmasin Bapak Ibnu Sina tempo waktu lalu beliau sangat antusias ingin membangun kota Banjarmasin sebagai Smart City, karena ini merupakan jualan beliau ketika ingin maju pada ajang Pilkada walikota Banjarmasin tahun 2014-2015 lalu.

Smart City atau kota pintar tetelah banyak diterapkan di kota - kota belahan dunia seperti London, Barcelona, Toronto, Melbourne dan juga kota di Indonesia seperti Bandung.

Anggapan kebanyakan orang masih menganggap bahwa smart city adalah hanya tentang teknologi canggih yang terintegrasi dalam sebuah sistem komputerisasi dan sumber daya kota itu sendiri. Padahal tidak hanya itu saja, masih banyak kriteria lain yang menjadi penunjang yang diperlukan untuk memenuhi predikat sebagai kota pintar. Nah, apa saja kriterianya dan apakah Banjarmasin sudah memiliki kriteria tersebut untuk menuju smart city? Mari kita lihat kriterianya :

<nanti sambung>

Tidak ada komentar:

Posting Komentar